jump to navigation

Spicy Spacy : Bikin pedas kompetitor Mei 5, 2011

Posted by kangojek in Honda, Marketing, News, Otomotif.
trackback

Cukup kaget ketika membaca berita di detik.com yang mencantumkan harga Honda Spacy di range harga yang mirip dengan Honda Beat. Berbagai pertanyaan langsung muncul, Apa gak salah nih ? Apa gak akan jadi senjata makan tuan ? apa gak terjadi perang saudara ?
Setelah kangojek berpikir sejenak dan mengamati spesifikasi produk Honda yang baru diluncurkan, barulah kangojek agak ngeh, kalau ternyata produk baru tersebut gak terlalu menganggu saudara sendiri alias Honda Beat. Lho koq bisa ?
Yap, ini memang pendapat pribadi kangojek. Sah-sah aja toh ?
Begini penjelasannya :
Beat selama ini diposisikan untuk menyasar kawula muda, kita lihat dari bentuk body yang memang mengarah ke anak muda dengan body ramping dan garis body yang tajam. Dari iklan pun jelas sekali, dengan memilih bintang-bintang muda dan juga brand activation alias BTL yang mengarah ke aktivitas-aktivitas anak-anak muda yang dinamis seperti Honda DBL. Jadi menurut kangojek, wajar saja kalau sang kompetitor, Yamah Mio masih belum terlalu terganggu dengan keberadaan Honda Beat. Alias, segmen konsumen yang memilih antara Honda Beat dan Yamaha Mio masih merupakan segmen yang sangat berbeda. Hal tersebut cukup dapat dilihat dari pengamatan sehari-hari dimana ibu-ibu, keluarga muda (dan mungkin first time buyer) lebih memilih Mio dibanding Beat.

Mio and SpacySo, Honda, dalam hal ini AHM masih melihat celah untuk mengeluarkan produk baru yang benar-benar bertarung dengan Mio (at least bertarung di benak konsumen). Dan satu hal yang perlu diapreciate adalah, Honda gak malu untuk mengikuti jejak kompetitor dengan membuat produk barunya mirip denga kompetitor. Garis body yang membulat dan headlamp yang berada di atas. Ingat!, selama ini Honda mengeluarkan seluruh produk matic-nya dengan headlamp yang diletakkan dibawah (masih ingat dengan kata-kata ‘lampu bego’?).

Singkat kata, Honda tidak mau kehilangan lagi predikat raja Matic yang telah diraihnya sejak bulan September tahun lalu. Dengan produk yang mirip kompetitor dengan dilengkapi berbagai fitur dan juga kelebihan dari luasnya bagasi dan besarnya kapasitas tangki bahan bakar, tentunya merupakan keunggulan tersendiri dan akan membuat konsumen menimbang2 untuk memilih Spacy, karena biasanya konsumen entry level akan sangat memperhatikan segi fungsional. Dengan selisih harga yang sangat tipis (apalagi kalau dikonversi ke cicilan bulanan) namun dengan kelebihan fitur dan fungsionalitas lebih, tentunya Spacy akan menjadi cabe pedas untuk kompetitornya.

Spicy Spacy…. hemmm pedes tenan……

Salam Ojek!!!

Komentar»

1. kuro22id - Mei 5, 2011

mau donk yg pedas

2. Pino Kio - Mei 6, 2011

heran knp bisa semurah itu ya?
padahal kalau lihat fiturnya jelas jauh diatas mio soul yg dibanderol 13.6 jt

3. powerpuffgirls - Mei 7, 2011

inilah strateginya Honda..dengan harga yang standar..Honda mau menarik minat konsumen..
selain harga yang standar,fitur nya juga oke banget..
spicy spacy..spicy spacy…

4. irfan - Mei 8, 2011

nyosss

5. poetri - Mei 8, 2011

mio dag dig dug neh…
Honda so spicy

6. DE CANTEZZ - Mei 12, 2011

Honda berkibar terus benderanya yah , hebattt….

emang bikin panas kompetitor hehe,, abisnya honda selalu mengeluarkan motor yg keren n sesuai dgn kemauan konsumen.

harga murah , modelnya oke seeep dah๐Ÿ™‚ pengen ambil satu dech. buruan diluncurkan Honda SPacy dah gak sabar nichh

7. GussBrams - Mei 12, 2011

klo ane mah tetap Beat yg paling oke..alias si gesit irit

8. Dismas - Mei 19, 2011

@Pinokio
Udah ada di dealer belum ya ?… Pengen liat dari deket.

Fakta di lapangan bisa aja berkata lain, xixixi… Mio tetep laris manis…

9. SL.com - Juni 14, 2011

Katanya sih.. Honda Spacy AT bidik pasar yang fungsional

10. D Y A Z - Juli 5, 2011

Saluuuuttttt ama HONDA……., selalu inovasi dg cepat……., memahami segmen pasar yg ada di Indonesia…..
So…….ngaciiiiirrrrr langsung ke dealer HONDA……..pingin lihat spacy dr dekat…….
ada byk warna kulihat kmrn launching nya……segeeerrrr2……
spt icon nya….BCL suuueeeggggeeerrrrrrr……..๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

11. jalijali - Juli 11, 2011

spacynya pedes bclnya seger… kombinasi yg passss…..

12. rexraider - Juli 22, 2011
13. as - Oktober 22, 2011

harga murah bisa jadi karena tingkat efisiensi honda dlm berproduksi lebih tinggi dr kompetitor.

bisa juga ini adalah strategi honda untuk memakan pangsa pasar kompetitor, meskipun mereka rugi atau tidak terlalu untung, tp yg penting bisa ngeganggu status quo kompetitor.

apalagi motor yg skarang bisa dibilang head to head sama lawan terberat honda dlm persaingan motor matic di indonesia, yamaha mio. jelas honda bakal ngeluarin seluruh kemampuannya untuk ngebuktiin, mereka masih yang terdepan. soalnya yamaha kan ngaku2 semakin di depan, dan emang ngliat track record mereka di industri motor sedikit demi sedikit terus ngegerus dominasi honda. jelas sang raja g mw diem aja๐Ÿ˜€

14. lela - November 11, 2011

spacy..??? kayak punya gue donk….
kereeeen

15. bee - Desember 24, 2011

jadi…..mending beat apa spacy neh?

16. Temy Sapalas - Maret 10, 2012

Review spesification dong kangojek…trus di benchmark juga sama bebek matic yang selevel.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: