jump to navigation

New Megapro vs Byson di media virtual Agustus 17, 2010

Posted by kangojek in Otomotif.
trackback

Sebagaimana yang kangojek pernah sampaikan sebelumnya mengenai persaingan motor sport yang mulai ramai karena adanya 2 produk baru dari 2 ATPM terbesar di tanah air, tampaknya perang tersebut saat ini sedang terjadi di dunia virtual. Setelah sebelumnya Honda merilis New Megapro tepat beberapa hari sebelum puasa, Yamaha yang berencana merilis Byson setelah lebaran, tampaknya ogah rugi waktu, takut kecolongan sama kompetitor.

Dan memang boleh diakui, Yamaha sangat lincah untuk urusan yang satu ini : “Bermain dengan Mindset Konsumen”. Cara yang diambil pun sangat low cost high impact. Yuk disimak langkah-langkah tim Marketing Yamaha berikut ini :

1. Sounding jauh-jauh hari

Setelah Honda menyatakan siap melaunching NMP dalam waktu dekat, yaitu sebelum puasa, Yamaha langsung menanggapinya dengan menyatakan kalau Byson akan segera keluar kandang setelah Lebaran. Sampai saat itu, oarang masih meragukan kesungguhan Yamaha, apakah akan benar-benar di launching setelah lebaran, berapa lama setelah lebaran, 1 hari ? 1 bulan? 1 tahun ? he..he…he… Tampaknya kali ini Yamaha sudah benar-benar siap melepaskan Byson dari kandangnya, terbukti dengan banyaknya artikel mengenai Byson baik dari sisi bocoran fitur maupun harganya. Orang jadi makin yakin kalau Yamaha kali ini benar-benar akan brojolin Byson.

2. Membuka keran inden

Meskipun belum di launching secara resmi, tampaknya Yamaha mencoba memecah konsentrasi para konsumen motor sport yang sedang gegap gempita menyambut kedatangan New Megapro (NMP). Dengan hadirnya NMP yang sangat fresh baik dari sisi penampilan maupun mesinnya, dapat dipastikan akan menggoyang keberadaan “The Giant Killer”. Yamaha sudah melihat gelagat tersebut, makanya sudah menyiapkan si Byson dari 2 tahun yll. Namun dikarenakan strategy menunggu harga yang ditawarkan kompetitor, Yamaha memilih untuk melaunching setelah lahirnya NMP. Konsekuensinya tentu saja harus ada kontra strategy, dan inden online inilah jawabannya, tampak sekali dengan hanya membuka 200 unit, itupun hanya di Jakarta. Tapi, ya begitulah pinternya tim Promosi Yamaha, meskipun hanya 200 unit dan di Jakarta, tapi soundingnya kemana-mana, minimal orang tahunya, sudah bisa inden, online lagi🙂 . Diharapkan konsumen yang sudah byosen nunggu byson dan berencana untuk meminang NMP, jadi mau menunggu kelahiran jabang bayi yang udah dalam kandungan lebih dari setahun.

3. Mengundang Blogger untuk Test Ride

Satu hal lagi dimana Yamaha menyalip Honda ditikungan. Lha koq bisa ? Lihat saja, yang sudah resmi merilis motornya adalah Honda dengan New Megapro-nya, namun yang mengundang test ride koq malah Yamaha duluan, artinya ini menyalip di tikungan kan ? Yamaha mengundang blogger tangal 19 Agustus, sementara Honda tanggal 21 Agustus. Tampak sekali kalau Yamaha agak terburu2 dengan rencana tersebut, sementara Honda lebih terplanning. Wah kangojek belain Honda nih ? enggak juga, kangojek cuma mau mengingatkan ke ATPM, sebagaimana yang pernah disampaikan blogger, kalau ngundang sebaiknya bukan hari kerja, karena para blogger kan sebagian besar pekerja kantoran juga, nah kalau ngundangnya jam kerja apa gak bikin blogger bingung tuh, musti ijin kantor dulu🙂 Tapi itulah Yamaha, dengan lincahnya dapat dengan segera membuat kontra strategy. Dengan undangan ini minimal dalam 1 minggu kedepan, gak cuma hasil test ride NMP yang muncul di kancah dunia maya, test ride Byson juga akan muncul meramaikan jagad dunia per-blogger-an.

Nah bagaimana selanjutnya perang antara 2 produk tersebut, silahkan bro & sis menyimak ulasan-ulasan para blogger yang diundang para ATPM.

Merdeka!!!

Komentar»

1. real_injection - Agustus 17, 2010

Makin panas aja persaingannya….Sepertinya Honda hanya pemanasan aja utk lawan Yamaha, scara thn 2011 adalah produk2 Honda yg sesungguhnya yang akan mengempaskan Yamaha

2. one08 - Agustus 17, 2010

tinggal tunggu review blogger yang diundang bro! pasti ngakak baca tulisan komentatornya (bakar-bakaran):mrgreen:
yang pasti kedepannya konsumen semakin dimanjakan dengan berbagai pilihan😉

3. microflash - Agustus 17, 2010

semakin banyak pilihan motor di tahun depan nih,tinggal milih mana yang pas di kantong

4. Mr_Long'S - Agustus 17, 2010

Slm kenal kangojek
tulisan ny enak utk di baca…
Mdh2an blogger yg di undang dpt objektif dlm memaparkan hsl test ride, gak berat sebelah dan apa ada ny (jelek yha di blng jelek jgn bguz)

5. daris - Agustus 17, 2010

yg penting konsumen senang banyak pilihan motor sport:mrgreen:

6. Motor Kencang - Agustus 17, 2010

Klimax
Gaung Byson sempat tenggelam setelah kepindahan Rossi kemaren😀
siap2 aja artikel tentang test ride di balas test ride😀

7. Motor Kencang - Agustus 17, 2010

Klimax
Gaung Byson sempat tenggelam setelah kepindahan Rossi kemaren😀
siap2 aja artikel tentang test ride di balas test ride😀

Numpang Promosi om : 50 tahun Suzuki di kancah Balap Dunia (Habis)

http://motorkencang.wordpress.com/2010/08/17/50-tahun-suzuki-di-kancah-balap-dunia-part-5-2000s/

8. Maskur® - Agustus 17, 2010

let’s see

kangojek - Agustus 17, 2010

Salam kenal juga Mr_Long’S. terima kasih sudah mampir di pangkalan ini. Salah satu keunggulan blogger justru di sisi independensi, gak pake tedeng aling-aling. Kalau bagus ya bilang bagus, kalau jelek ya bilang jelek. Makanya momen test ride oleh blogger akan sangat baik untuk ATPM dan konsumen. Bener-bener pihak ketiga yg independen.

9. Tulus_Budi - Agustus 18, 2010

hmmm … bingunggg maunya body byson, but lampu depan ama speedo NMP… dan lampu belakang pulsar… mesin scorpio…. gimana ya?…

10. evolution garage - Agustus 18, 2010

segera laporkan tingkat kehausan dari kedua motor tsb gan

berapa km/l

11. ndaru_telah_kembali - Agustus 18, 2010

kelihatan banget klo yamaha KEBAKARAN JENGGOT dgn brojolnya NMP yg serba fresh….

😆😆😆

12. ndaru_telah_kembali - Agustus 18, 2010

Spesifikasi Byson

Dimensi :

PxLxT : 2.075 mm x 780 mm x 1.045 mm
Jarak sumbu roda : 1.334 mm
Jarak terendah ke tanah : 160 mm
Tinggi tempat duduk : 790 mm
Berat isi : 135 kg
Kapasitas tangki bensin : 12 liter

Mesin :

Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, 2 klep, berpendingin udara
Jumlah/posisi silinder : Silinder tunggal/tegak
Volume silinder : 153 cm3
Diameter x langkah : 58,0 x 57,9
Perbandingan kompresi : 9,50:1
Daya maksimum : 10,1 PS / 7.500 rpm
Torsi maksimum : 10,5 Nm / 5.500 rpm
Sistem starter : Elektrik starter dan kick starter
Sistem pelumas : Basah
Kapasitas oli mesin : Total 1,2 liter, pergantian berkala 1 liter
Tipe karburator : Mikuni BS26X1
Tipe kopling : Basah, kopling manual
Tipe transmisi : 5 percepatan (1-N-2-3-4-5)

Rangka :

Tipe rangka : Diamond
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Suspensi Monocross
Ban depan : Tubeless 100/80-17M/C 52P
Ban belakang : Tubeless 120/70-17M/C 58P
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Tromol

Kelistrikan :

Sistem pengapian DC CDI
Battery : YTZ5S (MF Battery)
Tipe busy : NGK CPR 8EA-9 ( syu / ddn )

sumber: http://oto.detik.com/read/2010/08/18/184556/1422983/648/ini-dia-spek-lengkap-yamaha-byson?o991101638

=============================================================================

ternyata byson powernya cuma 10.1 PS, sangat jauh dibanding New Megapro yg sampai 13.7 HP.

apa begini yg mau ngelawan New megapro????

======================================================================

“Kalau V-ixion kami jual teknologi, untuk Byson kami memang menjual tampangnya,” ujar Deputi GM Promotion and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, Paulus S Firmanto kepada detikOto.

=======================================================================

bhuahahaaa………
petinggi YMKI aja ngaku klo byson CUMA JUAL TAMPANG!!!

😆😆😆

13. caspro - Agustus 19, 2010

Ada yg punya konversi dr PS ke HP gak ya? Tolong dihitung dunk… Sptnya power Byson klo dikonversi gak jauh2 deh dr powernya NMP…cmiiw.

14. Moncer - Agustus 19, 2010

nih dari sini: http://motorklassikku.wordpress.com/2010/08/18/byson-nyeruduk-new-mega-pro/

“Keduanya relatif bertenaga sama. New Mega Pro dengan 13,7 dk di 8500 rpm dengan torsi maksimum 12,8 Nm dan Byson dengan 13, 73 hp di 7500 rpm dan torsi maksimum yang jelas lebih besar, yakni13,6 Nm di 6000 rpm. Dari keterangan yang saya ambil bulat-bulat dari tabloid Motor Plus ini terlihat, Byson adalah juaranya, apalagi untuk lalu lintas perkotaan. Namun, itu perlu dipertanyakan kembali, yakni berapa banyak konsumsi bensinnya??? Dan catatan lainnya adalah kaki-kaki Byson yang lebih besar tentunya membuat akselerasi sedikit lebih berat dan berdampak juga ke konsumsi bahan bakar”

15. ali-ali - Agustus 19, 2010

wkwkwk ndaru ga bisa conversi PS ke HP
goblok kok dipelihara
😀

16. Moncer - Agustus 19, 2010

yang di atas itu bukan PS tapi KW, detik salah tulis

17. frey - Agustus 19, 2010

ulasannya enak dibaca bro…btw GM promo yamaha udh mengakui kalo byson cm jual tampang doank, gmn mau jualan nih…konsumen skg ga bisa dibodohi lg lo dengan tampang keren aja….ya paling jurus andalan BC lg setelah strategi lain ga berjalan……kembang kempis jg neh dia blom lg efek rossi pindah dengan alasan yg ga enak didengar.mau ga mau ngefek ke penjualan.

18. Arie Prawira, Jakarta, Indonesia - Agustus 19, 2010

kalau benar-benar keluar ya selamat datang tapi kalau belum keluar juga ya siap-siap digilas sama Honda

19. agus - Agustus 20, 2010

ya .. bison nunggunya aj sampe boseeeen…. apa …lg … yg dijual hanya cassing… doang…. mending pulsar… deh…

TAKUT TDK LAKU …. DI DIJUAL INDONESIA…. hidup pulsar….

ya… biar jadul …. tapi tetap UNGGUL……….

20. ndaru_telah_kembali - Agustus 20, 2010

@15. ali-ali

bhuahahaa……

yg goblok siapa ya? PS=HP=TK!!

21. Icaq's - Agustus 21, 2010

Kalo mau spek byson yg bener liat dong yg dikeluarin resmi YMKI, contohnya tuh di warung ijo. Kalo disana yg bener 14 PS / 10,1 KW. Jelas bapak ndaru, yg pastinya pinter….?

22. cute_bikers - Agustus 23, 2010

Sekarang makin jelas kenapa yamaha nunda-nunda nelorin byson….
rupanya secara akselerasi byson KALAH oleh NMP…padahal selama ini yamaha selalu gembar-gembor image “motor kenceng” tapi byson kopong, jadinya dia rubah main di “TAMPILAN”
Terimakasih AHM udah nelorin NMP, kalo gak gitu pasti byson gak bakal berojol…sekarang yamaha lagi “cofuse” tuh, karena jika byson jadi berojol setelah lebaran bakal turun market vixion-nya, yg selama ini sudah berhasil sbg “the giant killer”
BTW kalo gue lihat secara “price” yamaha ngebandrol byson dg 19,9JT itu pasti “jual pake subsidi” artinya dia jual rugi dulu, karena gue tau dari material row dan itungan dari suppliernya,nanti lama-lama harganya bakal naik di atas NMP tapi masih di bawah vixion dikit.
Dan kalo dilihat dari iklan, yamaha ngeluarin lagi corporate iklan “semakin di depan” yg pake anak klub terjun dari hercules dg jupiternya, ini menunjukan yamaha mulai kedodoran ngelawan honda yg baru bangun dari tidurnya.

23. aaa - Agustus 24, 2010

Keep safety riding.
Keep go green.
Stop black campaign.

24. Setiawan - Agustus 26, 2010

Lam kenal mas…. genderang perang sport baru saja dimulai….
Rajin Menyimak ……

http://cbr250r.wordpress.com/2010/08/25/yamaha-siap-brojolin-scorpio-baru-tiger-kapan-nyusul/

25. maRio - Agustus 31, 2010

ayo perang2…

disini juga perang lho

http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=668
😀

26. nick69 mengucapkan minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir bathin - September 9, 2010

Mantaf

27. aank wijaya - September 13, 2010

trusss sapa yang lebih unggul…???
and kira2x… sapa pmenangnya???

28. SkyrideR - September 18, 2010

cuma suzuki yang belum begini… 😦

29. Farid21 - Oktober 12, 2010

@frey,, qta tunggu aja frey, apakah yamaha mampu bertahan setelah ditinggal rossi,,abiznya komeng sih marahin rossi segala,ga boleh ngebut2,,hahahha,,bagaimanapun juga,,one Heart

30. boginov - Oktober 18, 2010

Mio aja sekarang masuk dan maen di hutan. Ketendang dari jalanan sama Pario dan Beat nya Honda.

31. powerpuffgirlz - Oktober 22, 2010

sebenere jelas klo ymki ketakutan makanya buru2 mo ngelaunch juga, asal siap sih gapapa…tp klo dipaksa, jadinya malah lahir prematur bisa berabe toh???

32. kimono - Oktober 23, 2010

@cute – bikers

Sekarang makin jelas kenapa yamaha nunda-nunda nelorin byson….
rupanya secara akselerasi byson KALAH oleh NMP…padahal selama ini yamaha selalu gembar-gembor image “motor kenceng” tapi byson kopong, jadinya dia rubah main di “TAMPILAN”
Terimakasih AHM udah nelorin NMP, kalo gak gitu pasti byson gak bakal berojol…sekarang yamaha lagi “cofuse” tuh, karena jika byson jadi berojol setelah lebaran bakal turun market vixion-nya, yg selama ini sudah berhasil sbg “the giant killer”
BTW kalo gue lihat secara “price” yamaha ngebandrol byson dg 19,9JT itu pasti “jual pake subsidi” artinya dia jual rugi dulu, karena gue tau dari material row dan itungan dari suppliernya,nanti lama-lama harganya bakal naik di atas NMP tapi masih di bawah vixion dikit.
Dan kalo dilihat dari iklan, yamaha ngeluarin lagi corporate iklan “semakin di depan” yg pake anak klub terjun dari hercules dg jupiternya, ini menunjukan yamaha mulai kedodoran ngelawan honda yg baru bangun dari tidurnya.

komentnya pedes amet bang, overall i Like that kritis tapi nggak ngasal ^^v

33. Boombox Walker - November 4, 2010

head to head. ada benernya juga new mega pro launch. klo ga mungkin yamaha ga masukin byson di Indonesia. selamat berkompetisi jualan yg banyak

34. jonlenon - November 6, 2010

TETEP Bro…

……………..,
Lalu gimana soal gaya? NMP tampaknya lebih menyuguhkan tongkrongan elegan dan kalem. Sementara Byson bisa mengakomodasi yang doyan show-off. Jadi, pilih yang mana?

baca ndiri di: http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototest/Content/0/0/1/7/12612

Salam Brotherhood, the real street fighter

35. tokek belang - November 27, 2010

Hahahaa….YMKI kebakaran jenggot, takut kedahuluan ama NMP..Harusnya kalo emang yakin klo produknya lebih berkualitas harusnya ga perlu khawatir toh? So, klo meliat yang kayak gini sih mending milih NMP dah..

36. meet_hana - Desember 1, 2010

hehe.. kembali ke masalah timing.. penting nih buat ATPM memahami strategi launching timing.. dan itu knp juga diperlukan research nya, kaya sensitivitas dan desire pasar gimana kalo motor ini dikeluarin.. kaya desire nya lagi motor sport gara-gara byson digembargemborin mau dikeluarin, ngeluarin NMP jadi sperti memberi harapan baru bagi konsumen..

37. adjokasep - Maret 4, 2011
38. paijo ndeso - Mei 9, 2011

heheee kok pada sewot to, kita seharusnya enk sbgai konsumen tinggal milih…
sante aje bro kayak di pante ee eeeee

39. paijo ndeso - Mei 9, 2011

pokok e “ONE HEART atau SATU CETAKAN” yoo HAHAHAHAAA


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: