jump to navigation

Ayo Suzuki, ambil market matic dan sport !! Maret 15, 2009

Posted by kangojek in Honda, Marketing, News, Otomotif, Suzuki, Yamaha.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Kangojek memang bukan ahli di bidang otomotif, tapi boleh aja kan kalau menyuarakan pendapat ?

Masih penasaran dengan Suzuki nih, kenapa ya koq jualannya rada loyo, secara peluang semestinya gak jauh beda dengan kompetitornya.

  1. Di Bebek, masih ada new smash dan new shogun ditambah Satria FU.
  2. Di Skutik, punya spin dan skywave
  3. Di Sport, cuma punya Thunder 125

Coba cermati data kontribusi segmen per segmen berikut :

segmentasi

Kalau dilihat maka terjadi perubahan kontribusi dari masing-masing segmen. Kelas bebek jelas semakin lama semakin kecil kontribusinya. Berbanding terbalik dengan kelas sport yang makin membesar dari 9% menjadi 11%, apalagi skutik dari 18,4 % jadi 26%.

Kelas bebek

Belum lama dilakukan facelift, jadi pertahankan aja dulu, eksekusi BTL yang perlu ditingkatkan, sambil develop untuk new model yang lebih sporty. Jangan lupa untuk pilih nama yang punya kemiripan, ikuti strategy Yamaha yang gak ganti nama secara ekstrem, cukup tambah huruf R, Z, ZR dll supaya makin menancap di benak konsumen. Jadi gak perlu habisin uang untuk edukasi konsumen mengenai nama baru.

Kelas Sportsuzuki-gladius

Musti nambah amunisi nemenin Thunder 125 atau justru sekalian ganti body Thunder 125 dengan yang lebih ramping. Untuk kelas 125 yang dibutuhkan adalah kelincahan. Mungkin Suzuki DRM 125 cocok untuk menjadi Thunder 125 reborn. Ternyata sudah banyak yang menyarankan produk yang satu ini, salah satunya ada di artikel bro Triatmono .

Trus tambah 1 amunisi di kelas sport touring, body segede Thunder sekarang, tapi CC di gede-in dikit, mungkin 150cc, atau 180cc dengan style yang lebih sporty. Bisa aja ambil ide body-nya Gladius. Kalau Yamaha saja bisa sukses dengan V-ixion, mestinya Suzuki juga bisa bikin motor sejenis. Selain itu tambah 1 amunisi lagi sebagai flagship, bisa body SV650 dengan mesin 250cc.

suzuki-sv650

Kelas Scooter Maticsuzuki_skydrive

suzuki_sixteenSpin tampaknya kurang mumpuni untuk melawan dominasi Mio, sudah waktunya diganti, mungkin Sixteen bisa menggantikan posisi spin yang body-nya terlalu nanggung dan rasanya bro Triatmono dan artiku.com juga sudah lama mengulasnya. Gak perlu yang 150cc cukup dengan 125cc dahulu, kalau sudah mulai diterima pasar, baru masukin yang 150cc untuk versi Gigh end-nya. Sekali lagi namanya gak perlu diganti, bisa aja New Spin X atau apa alah. Skydrive bentar lagi keluar, cukup bagus untuk menemani “new spin”. Mengenai nama, sebaiknya mengikuti Yamaha yang membuat mio series makin melekat dihati penggemarnya. Kalau Mio pakai Mio sporty dan Mio soul, Mungkin Suzuki bisa pakai Spin apalah gitu🙂

Bebek Matik

Nah, ini yang menurut saya kelas baru, dan Skywave ada disini. Kenapa skywave saya masukkan kelas ini ? lawannya ya Nouvo Elegance yang mungkin akan dihadirkan oleh YMKI dan AirBlade-nya Honda. Ketiganya mempunyai karakteristik yang sama, bukan flat deck ciri khas scooter dan menggunakan dual shock.

Ok, itu menurut pendapat kangojek ya…. Sekali lagi, bermainlah di segmen Sport dan Skutik!. Gak perlu malu-malu untuk meniru kompetitor. Siiip.. itu baru dari sisi Produk. Mengenai Price, Place, Promotion dan P-P yang lain, silahkan dipikirkan saja oleh tim marketing Suzuki, mosok diajarin sama kangojek ?🙂

Komentar»

1. Ranjau jalan. - Maret 15, 2009

Pertamax..
Yo suzi gimana dong masa memble,gitu…

2. AndhikA - Maret 15, 2009

Yup… Gue baru ambil skywave nih. Ku tunggu kelas sportnya, pinginku mesin FU kasih body berfairing. Ok. Ayo suzy.. Yg semangat.

3. nurrahman18 - Maret 16, 2009

numpang lewat..
suzuki itu masih buorooss….

4. iwansa - Maret 17, 2009

Saya ada usul nih,
Skywave pake dualshock lebih nyaman.
Spin cuman suka harganya aja karena lebih terjangkau model terlalu biasa.
Nah untuk matic baru ini pake model skydrive sudah oke tapi shocknya pasti mono ya, nah usul saya neh naruh shocknya di tengah tengah body, kayaknya lebih bagus dan tampak lebih balance dilihatnya deh.
harga pake harga spin lebih suka. maju terus SUZUKI.

5. rasheed - Maret 18, 2009

Artikelnya keren bro, pk grafik manteb!! Ane tambahin data statistik angkanya penjualan Suzuki selama 2008 :
Sport (Thunder125) : 111.623 unit
Skutik (Skywave,Spin 125) : 210.962 unit
Underbone (Satria FU, Shogun, Smash) : 471.054

Klo ngikutin para blogger, kontribusi penjualan Suzuki per segmen nanti jd: Underbone 50%, Skutik 30 %, Sport 20 %.. he2 kynya lbh enak diliatnya.. Salam kenal bro!!

6. bima - Maret 19, 2009

baca otomotif hari ini, suzuki mundur dari balapan…. dana kurang memadai rupanya….

7. rei 34 - April 7, 2009

Matik udah,tinggal perkuat segmen sport,mesin fu body sport dibikin naked ma fairing…klo bebek kyknya berat buat turun dikelas ini saingannya banyak

8. ENDANG the BEST teacher - April 8, 2009

Untuk motor bajaj 125 sprint keluaran 2009 saya dapat pastikan sangat cucok dengan penampilan saya sebagai seorang Bapak Guru di daerah ter-pencil ……..Smoga motor bajaj 125 sprint keluaran 2009 dapat menjangkau masyarakat ter-pencil yang ingin berpenampilan keren dengan kondisi keuangan seperti saya ini yang hanya seorang guru didaerah ter-pencil ……..trim’s……

9. phantomxy - April 19, 2009

kok sepi mas, yo wis nimbrung aja, lam kenal…
siapa bilang suzuki boros? siapa bilang suzuki gak enak dikendarai? uenak kok, dan gak boros pula, pernah coba jupie, revo, grand, vega, tp gak ada yg ngalahin kenyamanan new smash

10. MongTor - Mei 18, 2009

Hmmm keluarin matic yg 250 dunk tapi harga merakyat😉
gw di rumah punya spin 125…
kmrn di bali sempet nyewa motor mio & vario…
gw dah bisa ngeraba ketiganya…
sama2 gak enak menurut gw, larinya nanggung rada ngeden..

11. SkywaveR - Juni 7, 2009

Skywave 250 brp harga di indo?

kang, artikelnya donk..!

12. proud2ride - Juni 26, 2009

Nice blog Kang, salam kenal, sok atuch artikel barunya…….jangan-jangan saking sibuknya narik, jadi belom sempet up-date ya..???
Kalo nanti ada blogger Gathering Indonesia kita ketemuan ya Kang, saya pengen belajar banyak dari Akang untuk bidang grafik dan perstatistikan, thank’s!

13. rezzcaku - Juli 14, 2009

saya punya thunder, saya sangat puas dengan performa di kelasnya, cepat dan stabil, klo bisa untuk thunder yang baru pake mesin Satria FU, ditambah discbrake blakang dan suspensi blakang monosok, utk bodi udah cukuplah… dijamin laris manieez…thx kang ojek, salam kenal

14. Plat_R - Agustus 5, 2009

@ 3
saia pake smes kayaknya iritnya sama ama supra ato mungkin lebih irit malah. sekarang nabung dulu nunggu mongtor sportnya suzy

i luv suzy

15. dpouwel - Agustus 10, 2009

subronto laras keburu pensiun, padahal dulu gembar gembor mo ngeluarin 150 cc injeksi

16. adesum - September 25, 2009

Kangojeggggg mana artikelnyaaa???

17. dismas070492 - Desember 21, 2009

suzuki yg keren fu. tapi ya sulit kalo ngandalin fu. coz udah pada tau kalo untuk harian fu terlalu boros. tapi emang gila top speed nya. bisa 150an km/jam. Mungkin malah lebih.

18. dismas070492 - Desember 21, 2009

eh sori ketinggalan. btw suzuki sv nya keren juga.

19. Mercon Mretelli niru Mercon Simoncelli & Mercon Melandri - Mei 10, 2010

harusnya suzuki bisa lebih baik kalo ngeluarin ini di indonesia…
nih gladius…

http://merconmotor.blogspot.com/2010/05/hot-suzuki-gladius-650.html

20. Suzuki mulai menggeliat… « Kangojek’s Weblog - Mei 18, 2010

[…] yang Kangojek pernah bahas di artikel mengenai suzuki sebelumnya, Kangojek menyarankan untuk memperbaiki line up produk matik-nya. Dasar pemikirannya adalah makin […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: