jump to navigation

Membongkar “mesin” Yamaha U1 Maret 8, 2009

Posted by kangojek in Other, Yamaha.
Tags: , ,
trackback

yamaha_logoYamaha U1 ? makhluk apalagi nih ? apa YMKI mau ngeluarin motor baru lagi ?? he..he..he.. ini bukan motor bozz… tapi produk dari Yamaha yg sangat merdu suaranya… boleh dong melihat Yamaha dari sisi yang lain ?

Yap, it’s about Piano !. Berawal dari telp yang mengingatkan untuk melakukan stem ulang Piano yg ada di rumah, ups.. ternyata udah 1 tahun tuh piano gak pernah di ‘tuning’, pantesan kyknya suaranya kurang asyik. Akhirnya setelah janjian dengan petugasnya, dimulailah ‘membongkar’ mesin Piano. Berawal dari membuka ‘kap’ mesin’ dan ‘body’ cover. nah keliatan deh ‘mesin’-nya.

piano1

Ruuarr biasa!!, sederhana tapi dengan presisi yang sangat baik. Wah masih asli jepang bozz, ada nomor ‘mesin’-nya lagi. Dan menurut petugas yg melakukan ‘tuning’ Piano yg gw punya ternyata masih termasuk bagus kondisinya. memang beberapa tahun yang lalu beli bekas, tapi bekasnya masih ok, malah petugasnya bilang, sekarang harganya naik lagi. Lho piye iki ? udah belinya bekas, eh sekarang kalo dijual harganya bisa naik sekitar 30% !!. Ya begitulah kalau barang koleksi, makin langka makin naek harganya.

Oke, lanjut ke cara setting, ternyata settingnya adalah dengan menyesuaikan tingkat kekencangan dawai yang diketuk oleh semacam ‘palu’ pengetuk yang terbuat dari bahan-bahan pilihan. Kalau bahan yang dipakai (semacam bulu domba yang dipadatkan) kurang bagus, maka suaranya juga kurang ok. Nah yg di setting adalah semacam ‘baut-baut’ yang diputar2. Buat yang kurang pengalaman setting, biasanya bisa bikin dawainya putus, makanya butuh orang yg pengalaman. Yo wis, berhubung saya gak ngerti yg beginian, monggo aja si mas-nya yg melakukan setting🙂

piano5Ada 1 alat yg digunakan untuk setting, yaitu semacam alat kalibrasi, kalo alat itu dinyalakan, dan kita pencet salah 1 tuts, akan muncul nada apa yg sedang dimainkan. Disamping itu muncul juga jarum penunjuk digital apakah nada tsb sudah ‘pas’ atau belum.
piano4Nah, setelah semua ‘klep’ disesuaikan ke nada standar, selesailah proses tuning yang kira-kira memerlukan waktu 1 jam pengerjaan. Terakhir dicoba deh dengan lagu2 romantisnya Nat King Cole… wow.. makin mantap lah…

when i fall in love… teng.. tong.. teng.. tong.. teng…
it will be forever….

Komentar»

1. Den bejOsa - Maret 23, 2009

Kaga ngeh ma yg gituan

2. kalung biofir - Maret 26, 2009

gwe dirumah ada yamaha UX 1, bedanya apa yah?

3. Shelby - April 29, 2009

Klo gw di rumah pake kawai dx 01..
suaranya mantep lo..
Suka when i fall in love juga? hehe..

4. diki rinaldi - Juni 21, 2010

pengen bisa bongkar motor japan

5. kwarranklojen - Agustus 20, 2011

misi mo nanya nama alat buat kalibrasi nadanya itu kira2 apa ya? n bisa mendapatkannya dimana ya? please sangat butuh banget nih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: