jump to navigation

Skywave nge-BeAT Mio ? Januari 16, 2009

Posted by kangojek in Honda, Otomotif, Suzuki, Yamaha.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Sengaja pilih judul diatas supaya komplit nyebutin wakil motor matic dari 3 ATPM besar. Mari kita coba amati sama2 bagaimana pasar skutik di tanah air ini. Sebetulnya pembuka pasar skutik di tanah air adalah Kymco, namun karena strategy pemasaran dan timing yg gak pas, akhirnya momentum tersebut berhasil dimanfaatkan Yamaha dengan baik dan orang2 manganggap Mio sebagai first mover di pasar skutik. Gak ada yg salah dengan klaim YMKI bahwa Mio merupakan pioneer dan market leader di segmen matic.

beatvarioskywavecontoh-bluemio-baru-cw1miosoul

Setelah beberapa tahun “merajai” segmen matic tanpa ada perlawanan dari kompetitornya coba kita amati bagaimana pergerakan pasar skutik ini di tahun 2008.

Di tahun 2008 ini secara nasional pasukan matic Yamaha yang terdiri dari new mio, mio sporty, mio soul, masih menjadi rajanya matic, tampaknya strategy Yamaha dengan konsentrasi penuh di segmen ini mampu mempertahankan gelar mahkota “rajanya matic” karena selama 2008 berhasil menjual 867.398 unit matic di seantero Indonesia. Namun kalau diamati khusus di 2008 kemaren, ada 1 hal yang perlu mulai diwaspadai YMKI, karena tampaknya dominasi mio mulai tergerus oleh pasukan Suzuki dan Honda. Di tahun 2007 Mio berhasil melego sekitar 495.000 unit motor matic, di 2008 naik 74,9 %. Masih tumbuh dong ? yup betul sekali, namun kalau dicermati lebih detail lagi, ternyata di 2008 market share-nya menurun dari 58% di 2007 menjadi 54% di 2008.

pasar-matic2Dan yang berhasil mengambil jatah “kue” YMKI ternyata adalah Suzuki !!!, sedangkan Honda hanya mengalami kenaikan 1% saja. Mungkin bisa jadi karena kapasitas produksi matic Honda udah mentok, gak bisa nambah lagi, dan kelihatannya Honda lebih konsentrasi di segmen bebek yg merupakan penyumbang terbesar jualan Honda selama ini. Hal lain adalah mungkin dari sisi Harga, sayang kangojek gak punya data detail penjualan suzuki mana yg lebih banyak, tapi dari data Semester 1 2008, skywave lebih dominan dibanding spin terutama setelah keluar yg type NR dan gencarnya iklan2 suzuki untuk type NR series ini.

Akankah Yamaha melakukan perbaikan di Nouvo untuk membendung skywave tersebut ? Bagaimana dengan strategy Honda di pasar skutik ini ? apakah di 2009 Honda sudah menyiapkan anggota baru untuk melengkapi pasukan matic-nya ? kita tunggu langkah mereka di tahun 2009 ini Salam ojek!

Komentar»

1. bima - Januari 17, 2009

rasanya yamaha butuh modal untuk meluncurkan matik yang baru soalnya kalo sekedar ganti baju sih percuma saja mengingat suzuki sudah ancang-ancang untuk masuk lagi secara serius di pasar domestik di 2009
mudah-mudahan masyarakat mendapat produk yang benar-benar sesuai dengan kondisi yang ada.

2. mk - Januari 17, 2009
3. Proud2ride - Januari 20, 2009

Dari awal ketika kompetitornya ngeluarin matic, yamaha mulai keliatan gusar, ngeluarin iklan2 di tv dg black campaign thd kompetitornya, padahal seharusnya yamaha melihat ini sebagai peluang untuk membuktikan kalu dia siap dan layak disebut sebagai juara sejati, “menang” tanpa harus menjelek2kan kompetitornya.
Ketika Honda menggenjot BeAt dg tema musiknya banyak dicela, tapi akhirnya mengusung mio baru dengan konsep musik indie-nya.
Sering ngomentari kalo yg laen cuma ganti baju, sekarang bukankah sama halnya dengan new mio???
So, buat semua ATPM bersainglah secara lebih fair, konsumen skrg semakin kritis, berlomba2 lah dalam melayani konsumen bukan membodohi konsumen.
Untuk suzuki, terimakasih skywawe-nya Ok’s banget, Gw gak nyesel deh beli…….hehehehehe

4. oto2 - Januari 25, 2009

yah setuju, iklan di yamaha sering malah keliatan kurang dewasa. menjelekkan produk lain tanpa mengukur kemampuan produknya sendiri selanjutnya. kalo mau lebih arif lagi, iklannya lebih oke main smart saja. toh, orang indonesia nggak demen sosok yang sombong. seperti iklan yamaha MX tuh udah bener, pake Rossi. meski gua enek lihat dia tapi nama besarnya boleh dipakai lah. skill rossi juga nggak bisa diremehin. yamaha pas jika berkiblat di balap GP.
sebenarnya kalo mau dilihat dulunya, yamaha demen ngeluarin desain yang serba inovatif; seperti F1ZR, Vega, dan MX. so kalo mo meraih kemenangan jangan mudah besar kepala dan sombong. tapi tetap perhatiin produk dan kembangin inovasi. dijamin pecinta yamaha makin banyak.
wahai…Suzuki kok melempem yah tahun ini????

5. Yamaha rider - Februari 19, 2009

Skywave ???

Prtma x ngliat aja gw dah jijay bngt…

Wajar klo mio lebih unggul,,
krna desain ny anak muda bngt.. Sporty banget !!!,, enak buat di modif,,

Bubye skywave,,
smpai jumpa di daftar discontinue,,

6. Ed candra - Maret 17, 2010

gimna si crany membongkar saringan udra oil pd mtor mio yg baik

7. bluetubiru - November 8, 2010

@Yamaha Rider ^^ …dibayar berapa lo sm YMKI, heh ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: