jump to navigation

Honda Blade lawan Jupi-Z atau Vega ZR ? Desember 14, 2008

Posted by kangojek in Honda, Yamaha.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

Semingu lebih sudah, andalan baru Honda Blade diperkenalkan ke publik. Demikian juga Yamaha menyusul dengan memperkenalkan Yamaha Vega ZR di tempat yang sama (JMS). Namun perlu dicermati apakah Vega ZR merupakan jawaban Yamaha terhadap tantangan Honda dengan mengeluarkan Blade ? Coba kita lihat sama-sama dari sisi harga. Sengaja saya ambil sudut pandang harga karena di jaman krisis, dimana terjadi penurunan permintaan motor, maka pertimbangan harga adalah nomor 1.

 harga-cub

 Dari gambar diatas, jelas kalau posisi Blade ditempatkan diantara Revo dan Supra yang masih kosong. Ada 2 sisi mata pedang (blade) yang akan dihadapi Honda, di satu sisi memposisikan Blade sebagai gacoan untuk mengambil market Jupiter Z, ada juga sisi lain yang juga “mengancam” posisi saudara sendiri yaitu Revo CW dan Supra X SW. Mungkin memang ini sudah dipikirkan masak2 oleh Honda (AHM), kalaupun saudara sendiri “termakan” adalah lebih baik daripada “dimakan” oleh lawan🙂

Dengan posisi demikian maka Yamaha harus segera pake jurus lain dengan melakukan upgrade si Jupiter Z. Yamaha memang sudah mempersiapkan perubahan untuk Jupiter z-nya yaitu berencana menggunakan mesin 115cc-nya si Vega ZR, cuma kalo kelamaan, maka Honda akan mengambil keuntungan dari waktu yang diperlukan Yamaha untuk melakukan “renovasi” si Jupi Z. Kalaupun di Jupi jadi diganti dapur pacunya, apakah harganya bisa turun menyaingi Blade ? kalo bisa berarti selama ini Yamaha “bohong” dong… mosok naikin cc malah nurunin harga, jadi gak mungkin si Jupi akan turun harga, kecuali akan dilakukan perombakan besar2 terhadap si Jupi Z ini, dan artinya lagi, butuh waktu yang lama untuk mewujudkannya, sementara si Blade melenggang dengan tenang.

Secara teknis, beberapa orang mengatakan masih unggul si Jupie, tapi buat saya ini merupakan terobosan Honda (AHM) dengan memberikan pilihan motor dengan tampilan yg “anak muda” (terutama yg versi Repsol-nya). Toh kalau dipikir2 orang yg suka kebut2-an pake motor paling cuma nol koma sekian persen aja, apalagi pemerintah lagi concern dengan kampanye “safety riding”. Mungkin itu juga yg menyebabkan Honda Blade dipasangin limiter yg bikin gak bisa kenceng. Secara tanggung jawab moral, AHM sudah memenuhi tanggungjawabnya untuk safety riding, kalau para biker melakukan modifikasi limiter, itu artinya tanggung dewe-dewe alias tanggung sendiri akibatnya🙂

Bagaimana dengan Vega ZR ? Oom Dyon menegaskan kalau Vega ZR akan ada kenaikan yg tidak akan lebih dari 500 ribu rupiah, nah dengan demikian maka posisi Vega ZR masih bertanding dengan revo, karena secara tampilan kalau vega ZR dibanding Blade ya jauh kemana-mana, dan kayaknya gak mungkin Yamaha menyiapkan baju baru buat Vega ZR dalam waktu dekat.

Bagaimana dengan isue kalau revo mau dicontinue ?
Kayaknya sih masih tetap akan ada sampai permintaan pasar berkurang secara alami, maksudnya, selama masih ada permintaan sepertinya AHM masih enggan melepas 100cc-nya, atau mungkin masih menunggu “adiknya Blade” yang akan segera meluncur untuk membantu menghadapi Vega ZR. Jadi menurut saya saingan Vega ZR bukanlah Blade, melainkan adiknya Blade yg segera nongol di awal 2009 ini.

Mau tahu seperti apa adiknya Blade ini ? tunggu tulisan berikutnya….

Salam Ojek!

Komentar»

1. ada_deegh - Desember 15, 2008

pertamax

2. omiyan - Desember 15, 2008

hh,,,….m..masih mikir

3. DAHSYAT - Desember 16, 2008

kita tunggu deh adiknya BLADE. Kita bantai si Juppie…..

4. Kornet - Desember 16, 2008

Wah gosip2..
Digosok makin sip..

Klu mang bner gitu
Brarti si yapaha dah tau strategi
Hondar selanjutnya donk
Makanya dia ngeluarin Zr

5. alia - Desember 17, 2008

Gue kemaren udah liat Honda BLADE emang bener2 keren kok. Trus coba liat Jupiter Z, kok jadi keliatan culun banget yah Si Juppie. Apa gini yg mau ngelawan BLADE. Kayaknya masih jauh deh. YAMAHA kemahalan ngeset harga Si Juppi. Lha wong BLADE aja yg lebih cakep cuma dijual 13.5 jt. Si Juppi 14.3 dgn mesin yg sama ma Vega R. Gimana nih YAMAHA?

6. genesis - Desember 18, 2008

Bravo, Price mapping-nya oke punya Bro Ojek!

7. DAHSYAT - Desember 19, 2008

Honda Blade MENANG TELAK atas Jupiter Z.
Baca selengkapnya di:

http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototest/Content/0/0/1/7/2916

……..

8. Budi - Januari 7, 2009

Mao liat gambar vegazr yg warna hitam

9. Dathoek - Februari 1, 2009

Nie yg q tunggu2 bknya sombong Suprafit 04 100cc ja q brni track2n dijln meski lawan 110cc akselerasi ok meski sangat stndar pke spion dobel lagi tapi tiap start di lampu lalin hm ngos2..mg bbrpa detik kmdian megpro lwat,dan motor yg ln diatas 110 cc..tp g pnh mundur top speed 115 he..manfaatn turbulnsi motor lawan..biasa ilmu aerodinamik dipke bt lwan mtor diatsny..

palgi klo q pake HONDA 110cc wow g kebayang tu si jupe aq sentek2 di smpngya..

10. Jupie-Z RiDer - Februari 19, 2009

@dathoek

hahaha…
Ga ush besar kepala,,
bgaimana klau qta buktikan di jalan,,

klo brani, gw tnggu d kemayoran…

11. slide - April 7, 2009

@dathoek

kalo mo nyenthek2 jgn di jalan umum bro, di track balap laah..
yakin lo mo nyentek2 jupiter Z pake honda 110cc??
tuh dah diladeni sama jupie-Z RiDer(@10)..and kalo lo maen ke sepang gwa tunggu senthek’an lo…

asal lo tau aja, diluar sana nama Honda sudah kelibas sama Yamaha.
Honda selalu mempunyai review yang bagus, hasil balap yang bagus (terutama kelas superstock) tetapi kenyataannya Honda di jalan ga ada taringnya sama sekali.

liat neh video:
http://yamaha-r1-diy.blogspot.com/2009/02/2009-yamaha-r1-vs-2009-honda-fireblade.html

12. YAMAHA the best - April 15, 2009

Alhamdulillah……
Gw PUASSSSSS pake YAMAHA………..

13. yudi - April 30, 2009

Gua Kerja di dealer honda, dan udah nyobain honda blade seperti apa, untuk tarikan bawah emang blade ok, untuk transmisi 1 dan 2 nya boleh lah, tpi sayang saat di putaran atas, kayak nya blade gak ada apa-apa nya ma vega R gua hahahahaha….

Produksi AHM man…cuma buat dibawa lari 40km/j doank…hahahahaha..

kalo beat…
liat aja logam nya…murahaaan buaget…kasar…habis itu iklan nya menipu, katanya irit lah apa lah…buktinya kalo udah di bawa pada kecepatan diatas 60 km/j liat aja setelah nya…minyak nya paliiiinggg borooooossssssss…….kayak nya klep beat gampang lari stelan nya…
kalo mau matic yang berkualitas, cari yang lain dari ini lah..

kalo vario, dari segi model bodong amat…menang nya di radioator yang bisa mengontrol panas mesin lebih baik dari matic yang lain sehingga kekentalan oli masih terjaga…tapi yang paling gak enak bunyi starter nya…bunyi mesin bajak sawah..hahahahaha….

kalo CS 1 itu mah motor banci, bebek bukan motor gede juga bukan..

Tiger mah body besar mesin kecil, kayak binaraga yang badan nya gede tapi anunya util..hahahahahahha…

kalo mau cari motor, kalo maunya honda juga…jangan produksi AHM deh….kalo jepang nya sendiri yang buat sih gak apa-apa…tapi kalo AHM…..pikir-pikir dulu lah..

14. dhy - Juli 17, 2009

Kok ada sih orang kerja di PT>ASTRA HONDA MOTOR tapi menjeleken barang dr tempat kerja..ingat bro

15. YAMAHA LOVER - Maret 30, 2010

@all honda lovers, kalian udah ditipu sm honda..
prtma, mna ada barang yg hrga.a lbih mahal tp kualitasnya jelek? Ya enggak lah! Sprti Jup.Z, emg lbih mhal, tp lbih bgus ga ky Blade,,
kedua, trus knp kalo Yamaha uda kelibas sm Honda, tp di Motogp yg mnang ttep Rossi as Yamaha??! Aneh kan haha..
Ketiga, Honda slalu mmpunyai review yg bgus,, buktikann! Jgn cuma ngomong doak!!
Gini2 sy msih pljar yg dduk di SMP loh, tp sy uda bisa nganalisis hal ky gnian..
Apa lg, ketiga pnipuan itu,, huh aneh bgt, nggak sesuai sma janji tuh Honda!

16. YAMAHA LOVER - Maret 30, 2010

Sy tunggu respon dr anak2 Honda di sini!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: