jump to navigation

Yamaha, bagaimana matic-mu tahun depan ? Desember 6, 2008

Posted by kangojek in Marketing, Yamaha.
Tags: , , , , , , , , , , , ,
trackback

Setelah menikmati manisnya kue matic beberapa tahun belakangan, tampaknya Yamaha mulai terusik dengan hadirnya beberapa matic dari kompetitor. Jajaran produk matic Yamaha, dari Mio, Mio sporty, Mio Soul dan Nouvo mulai “terganggu” dengan hadirnya Vario, Spin, Beat, dan Skywave. Lambat laun porsi kue yg biasanya dinikmati Yamaha mulai terbagi ke beberapa produk matic lain milik kompetitor.

Dengan adanya “gangguan” tersebut, tentu saja Yamaha gak bisa tinggal diam, karena saat ini andalan penjualan Yamaha ya dari type matic ini, wong kalo ditotal sebulan produksinya bisa sekitar 90 ribuan khusus type matic. kalo dihitung2 berarti type matic ini berkontribusi 50% – 60% dari seluruh produksi motor Yamaha.

Nah, strategy apa yang akan diterapkan oleh Yamaha untuk tetap menjadi rajanya matic ? kita tunggu aja taon depan, karena taon ini gelar tersebut sudah pasti tidak akan direbut oleh kompetitor. koq bisa ?

yamaha-matic-concept

Ya jelas lah, coba aja dihitung, Honda dengan Vario dan Beat-nya yg diproduksi 1 line secara bergantian gak akan mungkin ngejar Yamaha yg jajaran maticnya mendominasi line produksinya. Suzuki dengan spin dan skywave juga masih jauh ketinggalan, meskipun dengan pelan tapi pasti mulai merebut hati konsumen matic, terutama skywave-nya. nah Tahun depan denger2 Yamaha udah mempersiapkan penambahan line produksinya, belum pasti benar line produksi apa yang sedang dibangun tersebut, tapi minimal dengan adanya penambahan line produksi, kapasitas terpasang sudah bisa menyamai Honda. Tinggal strategy-nya aja yg perlu diadu.

subprime1subprime2

2009, dengan adanya krisis global, dan penurunan daya beli masyarakat terutama yg menggantungkan hidup dari jualan komoditi, pasti akan berdampak pada kemampuan daya beli masyarakat untuk beli motor. Yamaha musti hati2 dengan hal tersebut, dengan adanya penambahan line yg pasti investsinya gak kecil kan ? nah, kalo misalnya dampak krisis global berimbas sampai dengan tahun depan, berarti total market akan mengecil, artinya masing2 produsen belum akan menggunakan kapasitas maksimumnya, artinya lagi, investasi yg udah digelontorkan belum dapat digunakan secara maksimal.

Jadi makin seru ya taon depan ? kita tunggu strategy2 marketing dari masing2 produsen untuk merebut jatah kue yg mungkin akan lebih kecil dari kue 2008 (yg tembus 6 juta unit). kira2 berapa unit total market di 2009 ?

Salam Ojek !

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: