jump to navigation

Iklan TV Yamaha Juli 29, 2008

Posted by kangojek in Marketing, Yamaha.
trackback

Sekedar ingin mengomentari iklan TV Yamaha yg merupakan lanjutan iklan sebelumnya. Di iklan sebelumnya tampil si Komeng yg mengendarai Jupiter MX menerobos di tengah2 acara desa cibebek, seperti biasa, karena kecepatannya, beberapa bangunan di desa cibebek termasuk jembatan dan menara air, jadi ambruk, baju si komeng juga sobek tercabik2. Di iklan yg baru ini, ada tokoh baru yg bernama kemong, yg merupakan “kembaran” dari si Komeng. Semuanya digambarkan kembar. Ceritanya seperti ada rombongan yg datang dari desa cibebek ke desa wonobebek, mungkin ini menunjukkan Yamaha ingin melakukan “invasi” ke daerah Jawa Tengah. Hal diatas diperkuat dari pengalaman ik yg beberapa waktu yll sempat mampir di Semarang, dan kelihatan sekali perang iklan baik dari Baliho sampai spanduk dan umbul2. Tampaknya Yamaha mulai memukul genderang perang di Jawa Tengah. Terlihat sekali dari agresifnya penempatan umbul2 dan spanduk di sudut2 kota Semarang. Info dari temen yg jadi EO di Semarang sih, katanya Yamaha kadang2 terlalu agresif. Spanduk/ umbul2 kompetitor kadang dengan sengaja ditutupin dengan umbul2 dari Yamaha. Wah… perlu diluruskan nih, apa memang instruksi dari Yamaha memang seperti itu atau memang ulah oknum si pemasang umbul2 ?

Kembali ke ide cerita Komeng dan Kemong… Background musik dari group band terkenal juga menambah kemudahan orang untuk mengingat iklan ini, sama seperti Suzuki yg pakai Band Ungu untuk iklannya. Cuma kalo Honda koq beda ya ? Sepertinya Honda lebih customize tergantung produknya, buktinya untuk Honda BeAT malah bikin lagu sendiri “Let’s Get The Beat” yg dinyanyikan para finalis Indonesian Idol.

Setelah ke Jawa Tengah, akan hijrah kemana lagi nih ? trus kembaran Komeng dan kemong nanti siapa ya ? Komong kah atau Kemeng ?

ha..ha..ha.. kita tunggu aza…

Komentar»

1. AD! - Agustus 22, 2008

I’m the first…

Saya sih biasa nya untuk kasus iklan Komeng yg kembar cuma ketawa saja saya merasa terhibur krn motor lewat trs panggung pidatonya rubuh… setiap iklan yg tayang di TV pasti sdh lulus aturan pemerintahnya jadi bagi saya yah aman2x saja, yah namanya juga iklan mengajak org tuk beli produknya & blm tentu saya beli produk tsb, juga dg produk2x lainnya…

Untuk kasus di semarang tsb kan pemda yg mengurusi umbul2x juga iklan2x yg di pingir jalan biar saja mereka yg mengurusi lha mereka di bayar negara untuk mengurusi hal tsb.

2. Taufik - September 14, 2008

setuju..iklan ini cukup lucu
salam kenal oom

3. novi - Oktober 30, 2008

ada yang tau iklan yamaha yang baru gak?
yang ngonongin mencontek2 itu

4. kangojek - November 2, 2008

Iklan yang ngomongin kalo nyontek itu gak bener ya ?
Tampaknya Yamaha udah mulai kelojotan gara2 pasar Mio diusik sama Beat. . Artinya Yamaha rada keder juga ngeliat Beat yg mulai laris maniez dan indent.
Beberapa iklan lain juga sudah mulai mengarah ke black campaign, menjelek2-in produk kompetitor. Salah satunya yg nyebutin kalo Mio bagasinya lebih lega, “gak seperti yg laen”, trus ada juga iklan yg menggambarkan cowok(?) yg lututnya dibalut gara2 naik motor kompetitor, mungkin maksudnya dengkulnya nyangkut krn space kaki yg kurang lega.
Logikanya sih, kalo emang pede sama new Mio, gak bakalan ngeluarin iklan yg begini. Ik sih maklum, soalnya Yamaha habis2-an untuk menjaga market share yg mulai tergerus.
Lha wong New Mio jadi andalan jualan koq, kalo sampe kalah ya bisa K.O. tho ?

5. kangojek - November 2, 2008

@ taufik
Salam kenal juga bro Taufik..
Ik juga suka mampir ke warung Oom Taufik, Selamat meramaikan jagad blog otomotif Oom…

6. Blekok - November 5, 2008

AHM nya aja yang latah,ogah riset.

Coba kalo bro2 lagi nikmat2nya makan,trus isi piringnya diambil orang.

7. RedBugs - November 13, 2008

Yah kang, sama aja, ga cuma yamaha, Honda juga kalo buat iklan lebih sadis untuk merendahkan kompetitornya. Kalo Yamaha masih dngan sindiran, coba lihat iklan Honda, produk kompetitor dengan terang2an AHM munculkan, jadi kalo ngobrolin soal ga etis yah sama aja….
Contoh beneran:
1. Iklan Vario versi godain cewek di pakiran (coba menerangkan kelebihan breaking lock-nya), tpi jelas ada mio disampingnya.
2. Iklan CS-1, lihat di showoomnya, jelas nongkrong Suzuki satria FU dan Jupie Mx.
Jadi kampungan juga yak?!

8. Dathoek - Februari 1, 2009

pikir jg siapa yng mulai BUNG??
baru komen..Yamaha dl to honda??
Yng mlai iklan nakal kan YAAmPUN..

9. Adoel - Oktober 21, 2009

akhh.. iklan kan sifatnya komersil bgt..
semuane boleh punya ide sendiri, tapi jangan sampe dech persaingan dengan cara nyerang iklan lain…
kalau bisa mbokyaow bikin ide kreatif buat iklan yang lebih menarik.
jangan cuman maen serang dan asal jiplak aja..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: