jump to navigation

New Jupiter Z, the next target? Juli 21, 2011

Posted by kangojek in Honda, Marketing, Otomotif, Suzuki, Yamaha.
trackback

Bicara mengenai 2 ATPM besar memang gak ada habisnya. Strategi dan inovasi Honda vs Yamaha sangat ditunggu-tunggu, dan sangat menarik. Kangojek sendiri suka membaca dan mengamati blog-blog dari rekan-rekan pengamat otomotif roda 2 yang semakin variatif dan menyajikan data yang semakin lengkap. Salah satunya adalah data-data yang disajikan dari kang edo, dan bro proud2ride.

Nah, dari data-data yang ada kangojek mencoba menganalisa dan membandingkan antara Yamaha Jupiter Z dan Honda Blade. Mengapa kangojek tertarik dengan hal tersebut ? jawabannya adalah karena gosip-gosip yang beredar dari blog-nya kang Taufik dan mas Azizyhoree yang mensinyalir akan keluar bebek baru dan mengarah ke kelas Blade. Lho koq bisa ? dari kodenya hampir bisa dipastikan bermesin 110cc, jadi pilihan tinggal kelas Revo atau Blade. Kangojek coba kutak-katik data, ternyata untuk Revo, kayaknya belum akan diperkuat lagi karena belum lama dilakukan facelift dan tambahan adanya Revo Fit dan jualannya juga masih moncer karena pakai strategi keroyokan, jadi pilihannya tinggal Blade atau akan ada pendamping dari Blade yang benar-benar model baru.

Pikiran kangojek langsung tertuju ke Jupiter Z, selama ini menurut kangojek Blade lebih ditujukan untuk melawan Jupiter Z, nah dari hasil ngambil data di blog-nya bro proud2ride (thanks bro), hasilnya dapat dilihat di grafik berikut :

Dari data diatas dapat disimpulkan kalau jualan Blade masih kalah telak dibanding Jupiter Z, hal ini juga didukung oleh kenyataan bahwa Blade juga belum berhasil memenangkan mindset konsumen sebagai bebek yang cepat, karena untuk kejuaraan Indoprix juga masih dikuasai oleh JupiterZ, walaupun sampai sekarang masih pakai mesin yang lama. Tapi namanya konsumen, kalau yag menang memang JupiterZ, mau pakai mesin lama ataupun baru tetep aja namanya JupiterZ, betul???

Nah, dari data tersebut terlihat kalau rata-rata perbulan untuk kelas bebek menengah ini pasarnya sekitar 48.000-an, dengan kontribusi share 38% untuk Blade dan 62% untuk Jupiter, wajar saja kalau Honda bermaksud untuk meluncurkan pengganti atau pendamping Blade di segmen bebek menengah ini. Dan kalau dihitung dengan target share lebih dari 50% (kalau mau dibilang raja di segmen ini) maka minimal jualan Honda di segmen ini harus didongkrak menjadi sekitar 25.000-an unit sebulan. Ini masih belum dibandingkan dengan merk2 lain selain Yamaha, jadi kalau mau aman ya ada diangka 30.000 – 32.000 an unit sebulan.

Trus apa strateginya untuk mencapai angka jualan segitu ? Mau gak mau Honda harus mengeluarkan produk yang memang bisa merebut hati konsumen di segmen bebek menengah ini. Kalau menurut kangojek ada 2 skenario :

1. Honda memilih untuk menambah produk baru

     Kalau pilihan ini yang diambil, artinya akan ada pendamping Blade dengan harga diatas Blade saat ini tetapi masih dibawah JupiterZ. Produknya harus berkarakter sporty, fresh look, kalau perlu jiplak aja JupiterZ, trus modifikasi sisi buritan-nya (yg paling kangojek gak suka dari JupiterZ). Jadilah bebek super 110cc dengan harga dibawah kompetitor.

2. Honda memilih untuk mengganti Blade

     Kayaknya pilihan ini yang paling masuk akal, karena kalau pakai pilihan 1 maka Honda harus bersiap-siap, gak lama lagi Blade akan ditinggalkan konsumennya. Dengan pilihan 2, Honda akan tetap bisa mempertahankan konsumen Blade yang lama sambil mengambil hati konsumen baru atau sedikit nyolong dari tetanggal lain. Tapi dengan catatan, tetap harus bebek yang sporty, kalau perlu yang berkarakter tajam-tajam (cocok kan sama nama Blade?). Kalau Jupiter Z masih ada beberapa bagian yang membulat (Lampu, speedometer dll) maka pengganti Blade bisa sedikit lebih tajam, mungkin bisa mengambil disain Vario Techno yang banyak diminati konsumen matic.

Bagaimana mengenai harganya ? akan dibandrol berapa kah produk tersebut ? Kangojek lagi mengumpulkan datanya, mudah-mudahan bisa segera dibuatkan artikel yang tidak kalah menarik.

Salam Ojek!!!

Komentar»

1. Pr@szt - Juli 21, 2011

Pertamax ++ gan :lol:

2. Pr@szt - Juli 21, 2011

Pertamax :mrgreen:

3. Pr@szt - Juli 21, 2011

Premium lagi..

4. Pr@szt - Juli 21, 2011

udah ah kesian yg laen gk kebagian.. :mrgreen:

5. ipanase - Juli 21, 2011

bakar bakaran, bidik bidikan

6. nobu - Juli 22, 2011

ga tertarik bebek…

7. Arif Vixion - Juli 23, 2011

bosen sama bebek goreng, mending motor semprot baru fairing…

8. motoisme - Juli 24, 2011
9. warung DOHC - Juli 28, 2011

detik2 brojol nech yakin blade kemasan baru *dah liat barang nya :D

10. Pino Kio - Agustus 8, 2011

Yg pasti NaJiZ semakin kelihatan sangat2 OPERPRESS dibanding New Honda Blade

11. boombox walker - November 26, 2011

blade dg penampilan baru membuat jupi z makin ketinggalan. apalagi liat penjualan jupi z dari agustus sampe oktober. jupiter z semakin anjlok…….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: